Loading color scheme

GO DIGITAL! TPPI Luncurkan SELVI

Dengan adanya perubahan lingkungan bisnis menuju industri 4.0, maka go digital adalah keniscayaan. TPPI harus beradaptasi untuk memberikan pelayanan terbaik, beroperasi dengan excellence, dan efisien. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang memaksa adanya inovasi – inovasi yang memungkinkan kegiatan bisnis dapat terus berjalan tanpa hambatan dengan menekan interaksi fisik seminimal mungkin.

Dengan semangat untuk terus melakukan inovasi demi mewujudkan visinya menjadi perusahaan petrokimia dan energi kelas dunia, maka TPPI meluncurkan program penagihan secara online yang diberi nama SELVI (Sistem Elektronik Verifikasi Invoice), agar tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan penagihan dan pembayaran tepat waktu.

Andy Arvianto sebagai Direktur Keuangan, mewakili Direksi TPPI, melakukan seremoni peluncuran program terbaru ini pada tanggal 24 Februari 2022 diikuti dengan proses sosialiasi kepada mitra kerja pemasok di TPPI.

Proses penagihan yang semula bersifat konvensional telah berganti menjadi penagihan secara electronic yang dapat dioperasikan melalui perangkat bergerak maupun portable melalui portal https://invoice.tppi.co.id. Setelah melakukan masa transisi yang dimulai sejak tanggal peluncuran, maka per 1 April 2022, TPPI mewajibkan semua tagihan/invoice yang dikirim harus melalui portal SELVI sebagai satu-satunya gerbang penerimaan invoice perusahaan.

Berbagai kemudahan yang akan diperoleh dengan menggunakan SELVI antara lain:

  1. Mitra kerja pemasok (Vendor) cukup menunjuk 1 orang PIC (person in charge) untuk melakukan registrasi dengan mengisikan nama vendor, email, dan password yang akan digunakan.
  2. Telah tersedia buku pedoman manual maupun video untuk demo penggunaan SELVI yang sangat mudah.

Berapa alasan mengapa mitra kerja pemasok (Vendor) harus menggunakan SELVI:

  1. Vendor dapat mengirim invoice maupun memantau status invoice yang dikirim kapanpun dan dimanapun berada karena SELVI dapat diakses pada mobile phone dengan tampilan yang telah disesuaikan.
  2. Vendor dapat melakukan verifikasi mandiri, kelengkapan dokumen yang kurang bisa langsung diketahui saat pengiriman invoice dan inilah fitur yang membedakan SELVI dengan portal penagihan sejenis.
  3. Pengiriman penagihan berjalan lebih efektif, karena dapat menghindari pengembalian dan pengiriman ulang tagihan yang disebabkan ketidaklengkapan dokumen penagihan.
  4. Hemat biaya dan waktu, karena invoice dapat diterima dan diverifikasi lebih cepat, sehingga tanggal jatuh tempo pembayaran menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mengunakan pengiriman konvensional. Kedepannya diharapkan tidak perlu lagi menggunakan jasa kurir maupun datang langsung untuk menyerahkan invoice.
  5. Pada setiap langkah yang dilakukan disediakan notifikasi email dan tanda terima digital serta dapat mengetahui estimasi jadwal pembayaran.
  6. Mencegah dokumen tidak diterima oleh verifikator karena hilang dalam proses pengiriman maupun dikarenakan hal lainnya.
  7. Apabila Vendor sudah menerapkan e-sign dan e-materai yang telah terdaftar, maka dokumen fisik tidak perlu lagi dikirimkan ke TPPI.

Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam penggunaan SELVI:

  1. Melakukan registrasi vendor di portal SELVI.
  2. Melengkapi profil perusahaan.
  3. Melakukan proses pengiriman tagihan (pengisian formulir dan melampirkan softcopy dokumen penagihan).
  4. Proses pemeriksaan oleh team verifikator.
  5. Mendapatkan tanda terima dan estimasi jadwal pembayaran.

Program SELVI ini merupakan salah satu bukti bahwa TPPI mampu merespon dengan cepat untuk beradaptasi dengan perubahan industri serta komitmen Go Digital yang menjadi Enablers untuk mewujudkan pilar Operational Excellence dan Cost Leadership. Hal ini juga salah satu wujud dari komitmen TPPI untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Stakeholders dengan berbagai inovasi – inovasi yang akan terus dikembangkan.

 

Leave your comments

Comments

  • No comments found