Loading color scheme

TPPI dan DPLK-Perta Life Insurance Jalin Kerja Sama Pengelolaan Dana Pensiun

Jakarta, 6 Agustus 2025 – PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (“TPPI”) resmi menjalin kerja sama dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Perta Life Insurance dalam rangka pengelolaan Dana Kompensasi Pasca Kerja (DKP) bagi pekerja TPPI. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan di Kantor Pusat TPPI, Jakarta.

 Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Keuangan TPPI, Kristian Rizki Wahyu Permana, dan Direktur Operasi TPPI, Budi Anggoro Priyo. Sementara dari pihak Perta Life Insurance, penandatanganan diwakili oleh Pengurus Bisnis dan Kepatuhan DPLK-Perta Life, Denny Kuriniawan.

Acara ini turut dihadiri oleh Presiden Direktur TPPI, Iman Syafirman, Direktur Utama PT Perta Life Insurance, Hanindio W. Hadi, serta Direktur Pemasaran PT Perta Life Insurance, Martino Faishal Saudi.

Hanindio W. Hadi, Direktur Utama PertaLife menyampaikan, “Kerjasama ini diharapkan dapat membuka jalan bagi kolaborasi dan sinergi jangka panjang antara DPLK Pertalife dan TPPI yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.”

Ia menambahkan bahwa saat ini PT Perta Life Insurance telah bertransformasi menjadi perusahaan yang menguntungkan dan berkinerja sangat baik, sehingga mampu memberikan produk dan layanan yang kompetitif, “Kami berkomitmen untuk dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik, sehingga kerja sama yang telah terbangun ini dapat terus berkembang” ujarnya.

Melalui kerja sama ini, TPPI menegaskan komitmennya dalam memberikan perlindungan finansial jangka panjang bagi para pekerja, sekaligus mengoptimalkan pengelolaan dana pensiun melalui pilihan investasi yang profesional dan terpercaya. Fokus utamanya adalah memastikan pengelolaan dana pensiun yang berkelanjutan dan terintegrasi, demi masa depan karyawan yang lebih pasti.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya strategis TPPI untuk memperkuat sinergi dengan entitas di lingkungan Pertamina Group dan juga memastikan kesejahteraan jangka panjang bagi para pekerja kami,” ujar Presiden Direktur TPPI, Iman Syafirman.

Dengan adanya kerjasama ini, dana yang sebelumnya dikelola secara mandiri akan dialihkan ke DPLK Perta Life melalui proses yang dirancang dengan matang. Langkah ini memungkinkan seluruh pengelolaan dana pensiun dilakukan secara terpusat, sehingga meningkatkan efisiensi sekaligus memberikan kejelasan dan kepastian dalam pengelolaan.

Inisiatif ini juga mencerminkan tekad TPPI untuk terus memperbaiki tata kelola perusahaan dan memperkuat perlindungan untuk aset pegawai. TPPI akan terus berkomitmen membangun kemitraan yang produktif guna mendukung keberlanjutan bisnis sekaligus meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

 

Media contact:

Ike Rositasari

Corporate Secretary

irositasari@ tppi.co.id

 

PERSIAPKAN POTENSI ANCAMAN TERORIS, PT TPPI MENGGANDENG SATBRIMOB POLDA JATIM GELAR SIMULASI PEMBEBASAN SANDERA


Tuban, 4 Agustus 2025 - PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI)
menyelenggarakan simulasi penanganan darurat penyanderaan top manajemen di Gedung
General Manager (GM) Building. Sebagai bagian dari pelatihan kesiapsiagaan menghadapi
ancaman teroris, diperlukan pengujian sistem keamanan, koordinasi tim, dan kemampuan
bertindak cepat dalam situasi darurat yang melibatkan banyak pihak.
Kegiatan ini berlangsung sukses atas kerja sama erat antara Satbrimob Polda Jawa Timur,
Tim Security, Fire dan Medis PT TPPI. Simulasi ini menggambarkan situasi darurat
penyanderaan oleh pihak tak dikenal terhadap jajaran manajemen puncak perusahaan.
Selanjutnya, dalam skenario ini unit khusus Wan Teror, Gegana, dan KBR dari Satbrimob
Polda Jatim bergerak cepat bersama tim pengamanan internal untuk membebaskan sandera
dan mengamankan area.
Bapak Hendra Kurniawan Wijaya, General Manager PT TPPI, menyatakan bahwa kegiatan
ini merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan seluruh pasukan untuk menghadapi
ancaman yang sebenarnya. "Kami menyadari bahwa sebagai Objek Vital Nasional di sektor
energi, ancaman bisa datang kapan saja,” pungkasnya.
Beliau juga menyatakan bahwa simulasi ini merupakan upaya sistematis untuk memastikan
bahwa semua tim, baik internal maupun eksternal, dapat bertindak cepat, terukur, dan
terkoordinasi untuk menyelamatkan nyawa dan aset perusahaan, bukan hanya sekadar
formalitas. Diharapkan tindakan ini akan berfungsi sebagai contoh bagi perusahaan strategis
lainnya di sektor migas dan energi nasional.
Lebih lanjut, simulasi ini tidak hanya menawarkan pelatihan, tetapi juga memberi kita
kesempatan untuk berpikir tentang betapa pentingnya mempersiapkan diri untuk situasi yang
tak terduga. Pada industri migas yang penuh dengan risiko, setiap detik dan keputusan
memiliki dampak yang signifikan. Oleh karena itu, skenario penyanderaan top manajemen
sengaja dibuat sedekat mungkin dengan keadaan sebenarnya, termasuk tekanan psikologis yang mungkin dialami dari tim penyelamat dan korban
Selama simulasi berlangsung, peran masing-masing tim berjalan sesuai fungsinya. Petugas
keamanan internal menjaga perimeter agar tidak terjadi kepanikan massal, tim medis segera
menyiapkan rute evakuasi dan penanganan korban, dan tim pemadam kebakaran
disiagakan untuk menangani kebakaran yang dapat muncul sebagai akibat dari eskalasi
konflik. Agar tidak terjadi miskomunikasi yang fatal, semua orang bergerak cepat dan saling
mendukung.
Koordinator Tim Keamanan Internal TPPI, yang juga mengawasi simulasi dari pusat kendali,
menyatakan, "Yang kami latih bukan hanya kecepatan bertindak, tapi juga kemampuan
berpikir jernih di bawah tekanan. Ini yang paling penting dalam menghadapi krisis. Kegiatan
ini digunakan selain sebagai tujuan taktis juga untuk menguji kemampuan komunikasi
darurat, kecepatan evakuasi medis, dan koordinasi operasi di bawah tekanan tinggi

 

Tinoto Hadi Sucipto
Area Manager CSR, & Comrel
PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama

TPPI Pacu Kualitas Mogas Melalui Proses Rekayasa dan Komposisi Blending

KONTAN.CO.ID - Pertamax dan Pertalite merupakan bahan bakar minyak (BBM) yang menopang kebutuhan energi dalam negeri. Berdasarkan data BPH Migas, hingga April 2023 realisasi konsumsi Pertalite tercatat sebesar 9,26 juta kiloliter (kl).

Kualitas Pertamax dan Pertalite yang termasuk motor gasoline (mogas) ternyata dapat dioptimumkan melalui rekayasa proses dan komposisi campurannya. Terobosan ini dilakukan oleh salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) yaitu PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Inovasi peningkatan kualitas mogas tersebut diinisiasi Tim Refinery Guardian, salah satu pemenang Continuous Improvement Program yang digelar TPPI pada akhir tahun 2022. TPPI berhasil melakukan optimasi kualitas Pertamax dan Pertalite dengan dua cara, yaitu menambahkan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dan memperbaiki proses transfer komponen di tangki blending mogas.

Setelah dilakukan optimasi, Reid Vapor Pressure (RVP) pada mogas meningkat signifikan. Dengan menambahkan LPG pada Pertamax, parameter RVP dapat dioptimumkan menjadi 59,50 kpa dari sebelumnya 57,57 kpa. Capaian ini makin mendekati batas maksimum RVP sesuai spesifikasi Ditjen Migas, yaitu 60,00 kpa.

Kontan - TubanPetro Kilas Online

Meski demikian, LPG merupakan komponen yang sangat volatil dan dapat menyebabkan hammering pada jalur transfer di tangki blending. Hammering adalah terjadinya kenaikan tekanan sepanjang instalasi pipa sehingga berpotensi menyebabkan crack atau kebocoran pada jalur.

TPPI berhasil memitigasi risiko fatalitas tersebut dengan merekayasa proses transfer. LPG ditransfer bersamaan dengan komponen mogas yang beroktan tinggi. Dengan rekayasa ini, LPG larut dalam komponen mogas oktan tinggi tersebut dan menurunkan volatilitasnya.

Pada tahun 2022, TPPI memproduksi mogas yang terdiri dari Pertamax sebesar 3.142 MB dan Pertalite sebesar 6.398 MB. Terobosan yang dilakukan TPPI ini diharapkan mampu meningkatkan produksi mogas dalam negeri sehingga mengurangi ketergantungan impor.

Selain meningkatkan kualitas mogas, penambahan LPG pada mogas juga dapat menambah kegunaan LPG. Di industri migas, LPG sejatinya terhitung sebagai produk non-valuable. Setelah TPPI melakukan optimasi blending, LPG dapat diubah menjadi valuable product.

Dengan bertujuan menjadi perusahaan petrokimia dan energi kelas dunia, TPPI terus berkomitmen melakukan upaya peningkatan Gross Refinary Margin lainnya melalui berbagai inisiatif, tidak hanya dengan mengoptimalkan kualitas produk, namun juga dari sisi prosesnya.

GO DIGITAL! TPPI Luncurkan SELVI

Dengan adanya perubahan lingkungan bisnis menuju industri 4.0, maka go digital adalah keniscayaan. TPPI harus beradaptasi untuk memberikan pelayanan terbaik, beroperasi dengan excellence, dan efisien. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang memaksa adanya inovasi – inovasi yang memungkinkan kegiatan bisnis dapat terus berjalan tanpa hambatan dengan menekan interaksi fisik seminimal mungkin.

Dengan semangat untuk terus melakukan inovasi demi mewujudkan visinya menjadi perusahaan petrokimia dan energi kelas dunia, maka TPPI meluncurkan program penagihan secara online yang diberi nama SELVI (Sistem Elektronik Verifikasi Invoice), agar tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan penagihan dan pembayaran tepat waktu.

Andy Arvianto sebagai Direktur Keuangan, mewakili Direksi TPPI, melakukan seremoni peluncuran program terbaru ini pada tanggal 24 Februari 2022 diikuti dengan proses sosialiasi kepada mitra kerja pemasok di TPPI.

Proses penagihan yang semula bersifat konvensional telah berganti menjadi penagihan secara electronic yang dapat dioperasikan melalui perangkat bergerak maupun portable melalui portal https://invoice.tppi.co.id. Setelah melakukan masa transisi yang dimulai sejak tanggal peluncuran, maka per 1 April 2022, TPPI mewajibkan semua tagihan/invoice yang dikirim harus melalui portal SELVI sebagai satu-satunya gerbang penerimaan invoice perusahaan.

Berbagai kemudahan yang akan diperoleh dengan menggunakan SELVI antara lain:

  1. Mitra kerja pemasok (Vendor) cukup menunjuk 1 orang PIC (person in charge) untuk melakukan registrasi dengan mengisikan nama vendor, email, dan password yang akan digunakan.
  2. Telah tersedia buku pedoman manual maupun video untuk demo penggunaan SELVI yang sangat mudah.

Berapa alasan mengapa mitra kerja pemasok (Vendor) harus menggunakan SELVI:

  1. Vendor dapat mengirim invoice maupun memantau status invoice yang dikirim kapanpun dan dimanapun berada karena SELVI dapat diakses pada mobile phone dengan tampilan yang telah disesuaikan.
  2. Vendor dapat melakukan verifikasi mandiri, kelengkapan dokumen yang kurang bisa langsung diketahui saat pengiriman invoice dan inilah fitur yang membedakan SELVI dengan portal penagihan sejenis.
  3. Pengiriman penagihan berjalan lebih efektif, karena dapat menghindari pengembalian dan pengiriman ulang tagihan yang disebabkan ketidaklengkapan dokumen penagihan.
  4. Hemat biaya dan waktu, karena invoice dapat diterima dan diverifikasi lebih cepat, sehingga tanggal jatuh tempo pembayaran menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mengunakan pengiriman konvensional. Kedepannya diharapkan tidak perlu lagi menggunakan jasa kurir maupun datang langsung untuk menyerahkan invoice.
  5. Pada setiap langkah yang dilakukan disediakan notifikasi email dan tanda terima digital serta dapat mengetahui estimasi jadwal pembayaran.
  6. Mencegah dokumen tidak diterima oleh verifikator karena hilang dalam proses pengiriman maupun dikarenakan hal lainnya.
  7. Apabila Vendor sudah menerapkan e-sign dan e-materai yang telah terdaftar, maka dokumen fisik tidak perlu lagi dikirimkan ke TPPI.

Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam penggunaan SELVI:

  1. Melakukan registrasi vendor di portal SELVI.
  2. Melengkapi profil perusahaan.
  3. Melakukan proses pengiriman tagihan (pengisian formulir dan melampirkan softcopy dokumen penagihan).
  4. Proses pemeriksaan oleh team verifikator.
  5. Mendapatkan tanda terima dan estimasi jadwal pembayaran.

Program SELVI ini merupakan salah satu bukti bahwa TPPI mampu merespon dengan cepat untuk beradaptasi dengan perubahan industri serta komitmen Go Digital yang menjadi Enablers untuk mewujudkan pilar Operational Excellence dan Cost Leadership. Hal ini juga salah satu wujud dari komitmen TPPI untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Stakeholders dengan berbagai inovasi – inovasi yang akan terus dikembangkan.