Loading color scheme

Hadapi Tiga PSN, TPPI Siapkan Pemuda Terampil Bersertifikat BNSP

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dalam rangka menghadapi persiapan tiga proyek strategis nasional diantaranya proyek pengembangan PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) berupa proyek olefin, PT. Pertamina dengan Proyek NGRR dan proyek pembangunan LPG Refrigerated, maka CSR TPPI segera mempersiapkan para pemuda untuk dilatih menjadi tenaga kerja terampil bersertifikat BNSP yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan UPT BLK Tuban.

Pelatihan ahli K3 muda/safety man ini merupakan pelatihan gelombang ke V, yang mana sebelumnya sudah dilakukan pelatihan gelombang I sampai III berupa pelatihan pengelasan bersertifikat 3G, gelombang IV pelatihan K3 scafolding dan kali ini gelombang V pelatihan ahli K3 muda.

Dihubungi terpisah, PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo, ST. MM menjelaskan, pelatihan gelombang V ini merupakan jenis pelatihan berkelanjutan, yaitu akan dilanjutkan dengan pelatihan ahli K3 madya dan ahli K3 utama.

"Selain program pelatihan tersebut, CSR TPPI juga sedang menyusun anggaran untuk mengadakan program pelatihan operator kelistrikan dan pneumatic, operator listrik industri, operator forklift dan rigger," terang Taheran, Rabu (8/7/2020).

Seluruh pelatihan yang diselenggarakan merupakan jenis pelatihan berbasis kompetensi/bersertifikat agar para pemuda yang dilatih siap untuk bekerja. Sedangkan pelatihan seperti drafter, multimedia, programer dan lain-lain tidak dipilih sebagai program pelatihan oleh CSR TPPI.

Hal ini disebabkan karena keahlian tersebut merupakan keahlihan yang bisa didapatkan dari dunia kampus/bangku kuliah, dan perusahaan biasanya me-recruite karyawan dari mahasiswa yang baru lulus/fresh graduate.

Selain peningkatan kompetensi para pemuda sebagai bekal untuk bekerja di perusahaan yang akan tumbuh di sekitar wilayah Kecamatan Jenu, secara bertahap pelatihan yang akan dilaksanakan secara berkesinambungan ini juga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Sehingga tujuan akan terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat dapat terwujud," pungkasnya. [ali/mu]

Leave your comments

Comments

  • No comments found